Powered by Blogger.

I'm a Plegmatic Candor from Ravenclaw, District #7 (Lumber)

by - June 09, 2013

Masih nyambung sama postingan yang sebelumnya, tentang identitas diri. Ada beberapa kuis kepribadian (?) yang aku ikut gara-gara suka sama temanya. Kalau bukan karena tentang novel/film tertentu, males banget ikut kuis kepribadian. Nggak sengaja sih, pengin tau aja kalau aku ada di dalam novel itu, aku bakal bareng karakter yang mana. Eh, ternyata hasilnya lumayan benar!

     1. Harry Potter Series

Siapa pun yang suka serial paling laku di seluruh dunia tahu kalau di Hogwarts ada yang namanya Sorting Hat. Sorting Hat ini bertugas 'memilihkan' asrama untuk setiap murid baru, biasanya sih disesuaikan sama kepribadian si murid baru itu. Nah, aku pernah ikut berbagai kuis untuk menentukan asrama di Hogwarts tapi yang lumayan dapat dipercaya (meski nggak official) adalah kuis di http://sorting-hat.com/

Menurut situs itu, aku masuk Ravenclaw dan itu make sense sih, meskipun di Pottermore malah masuk Gryffindor. Kenapa lebih percaya sama hasil yang Ravenclaw? Hmm, sebenarnya sih ikut kuis kepribadian manapun pasti akan condong ke antara 2 (dua) pilihan.. tapi kalau lihat liriknya Sorting Hat, selalu merasa lebih condong ke Ravenclaw.

You might belong in Gryffindor
Where dwell the brave at heart, 
Their daring, nerve, and chivalry 
Set Gryffindors apart; 
You might belong in Hufflepuff
Where they are just and loyal, 
Those patient Hufflepuffs are true 
And unafraid of toil; 
Or yet in wise old Ravenclaw
if you've a ready mind, 
Where those of wit and learning, 
Will always find their kind; 
Or perhaps in Slytherin 
You'll make your real friends, 
Those cunning folks use any means 
To achieve their ends.
Gryffindor: Brave at heart? Sometimes. Daring? Maybe. Nerve? Errr. Chivalry? No.
Ravenclaw: Wise? People said so. Ready Mind? Maybe. Wit and learning? Sometimes. Always find their kind? Yes, it's me!
Seneng deh rasanya bisa satu asrama sama Luna Lovegood, tokoh perempuan favorit yang dari awal suka aku pairing sama tokoh laki-laki favorit ---> Draco Malfoy. *ini mustahil banget ya*


     2.  The Hunger Games Trilogy

Trilogi ini disebut-sebut sebagai the next fenomenal series setelah Harry Potter dan Twilight Saga tapi.. percaya nggak, hampir nggak diterbitin sampai selesai sama Gramedia? Huft, aku masih ingat dulu seusai baca Catching Fire tuh rasanya 'geregetan' karena Mockingjay hampir nggak diterbitkan. Thanks buat @IndoHungerGames yang dulu buat petisi untuk penerbitan Mockingjay karena film Hunger Games mau tayang. Sekarang malah jadi ngerasa kurang gitu abis baca Mockingjay, "Udah nih cuma tiga aja?" >:|

Eniwei, biasanya ikut kuis di manapun selalu dapat Distrik 4 yang kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai nelayan (fisherman), jago berenang, dan lebih berkaitan dengan air —sampai serasa jadi Annie Cresta yang jodoh banget sama Finnick Odair. *ditimpukin tributes*
Semacam ID Card untuk seluruh penduduk Panem
Tapi waktu daftar official site-nya dulu (kalau nggak salah namanya http://capitol.pn/), malah dapat Distrik 7 yang kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai tukang kayu (lumber). Berarti jadi harus tinggal bareng Johanna Mason sama Blight. Sedih :'( Tapi Johanna lumayan keren sih di 75th Hunger Games (Catching Fire), tapi tetap saja nomor 2 kalau dibandingkan dengan Finnick. Kalau boleh jujur, ikut kuis-kuis yang jawabannya "Distrik 4" itu memang dibuat-buat sih —sengaja pilih jawaban yang mengarah ke Distrik-nya Finnick. Secara fisik —mengingat bahwa AKU-lah yang bertugas mengisi galon air di rumah, mungkin aku memang cocok disandingkan dengan Johanna, cewek perkasa dari Distrik 7 >___<

     3.  Divergent Trilogy

Nah, yang ini adalah the next Hunger Games! Sama-sama berlatar distopia loh :D
Kalau di Trilogi Hunger Games itu negara dibagi ke dalam 13 distrik, di Trilogi Divergent ini penduduk negara dibagi menjadi 5 (lima) faksi, yaitu:
  • Dauntless yang dekat dengan undaunted dan fearless (super power, karena suka loncat-loncat dari dan ke kereta yang sedang melaju).
  • Abnegation yang dekat dengan abnegate dan renounce (super passive, karena selalu menurut dan menolak kemewahan ⁠—'sederhana')
  • Erudite yang dekat dengan knowledge tapi bukan intelligence (super diligent karena punya semangat belajar yang tinggi, menekankan pada kemauan untuk semakin berilmu, bukan pada kecerdasan yang dibawa sejak lahir)
  • Candor yang dekat dengan truth dan freedom of speech/expression (super... speak up? ⁠—pokoknya kritis terhadap ketidakjujuran)
  • Amity yang dekat dengan peace dan harmony (super peace, karena sangat cinta perdamaian dan tidak suka permusuhan ⁠—lebih suka mengalah)
  • Bonus ---> Divergent, ini khusus orang-orang 'berbeda' yang tidak punya kecenderungan terhadap salah satu faksi atau malah punya ciri semua faksi.
Setelah ikut kuis (official lho!) yang memilih faksi, aku dapat:


Hahaha, nggak terlalu setuju sih sama hasilnya. Aku kan plegmatis (kalau dibanding sanguinis, melankolis, atau koleris)masa Candor? Tapi berhubung aku nggak se-berani dan nggak se-nekat Dauntless, nggak se-pasif Abnegation, serta JELAS nggak se-rajin Erudite —ya kemungkinannya antara Candor dan Amity. Memang sih, pada dasarnya aku yang plegmatis ini Amity (terutama kalau di dekatku ada seorang atau beberapa orang Candor) tapi aku selalu jadi Candor kalau orang-orang di sekitarku Amity. Terus, berhubung aku memang selalu merasa lebih nyaman dengan orang-orang Amity, yaaa.. aku jadi terpaksa sering meng-Candor-kan diri ^_^

*******
Yah, jadi begitulah kuis-kuis itu menilai diriku :3

You May Also Like

4 comments

  1. nek udah pernah coba test ini belum ? lumayan jitu loh ini http://www.mypersonality.info/

    hoho. ntar kasi tau ya dapet apah :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil akhirnya ketebak dari soal+jawaban-nya lah, hasilnya dominan dlm persen gitu ya, bukan salah satu :D

      Delete
    2. loh tapi itu ada beda tipenya, E sama I kan beda dll P sama J juga beda~
      ada contoh orang terkenalnya juga #penting

      Delete
    3. contoh orang terkenalnya di bagian mana? udah ikutaaan, nanti aku post :D

      Delete